Cari Artikel

Selasa, 24 Mei 2011

Belajar Memahami Pisikologi Anak

Memahami Pisikologi anak sangatlah penting adanya, jika anda dapat memahami pisikologi anak anda alangkah senangnya anda disaat bersama-sama keluarga yang hangat. Dibawah ini beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk belajar memahami pisikologi anak anda. Setiap anak memiliki potensi untuk berkembang jika anda dapat memahami keinginan atau minat anak anda alangkah mudahnya jika ingin memberikan pendidikan yang tepat pada si anak pada usia dini. Berikut adalah Ketujuh kecerdasan yang dimiliki dalam diri anak anda : Linguistik, logika, matematika, spasial, kinestetik, musik, intrapersonal, interpersonal serta naturalis. Setiap orang mempunyai berbagai potensi tersebut. Masing-masing dapat dikembangkan pada tahap tertentu. Ada empat hal yang perlu anda ingat kalau bias dicatat dalam benak anda karena ini sangat penting bagi anda ibu atau ayah baru.

  1. Anak sangat membutuhkan perhatian, pujian, kasih sayang dan pengarahan
  2. Anak membutuhkan rasa aman,tidak ada tekanan tekanan yang dialami
  3.  Anak memerlukan pengalaman atau hal-hal baru
  4. Anak membutuhkan respon imbal balik atau interaksi

Terkait psikologi anak, mungkin Anda akan menemukan anak Anda menangis selama berjam-jam. Kunci meredakan tangisan dan teriakan anak adalah bersikap tenang dan tidak perlu tergesa-gesa. Orangtua yang nampak gelisah atau memendam kemarahan tentu akan sulit menerima kondisi si kecil yang juga sedang tidak nyaman dengan tangisannya sendiri.

Anak membutuhkan figur yang tenang dan mampu mengendalikan emosinya. Kontrol emosi Anda akan membuat suatu ruang toleransi apapun reaksi tambahan yang akan dikeluarkan anak. Tangisan anak itu suara musik alam yang indah.

Pada masa usia dini, banyak hal yang membuatnya tertarik sehingga ingin selalu mencoba, meski terkadang pada hal yang berbahaya. Pada tahap ini orang dewasa harus memberikan dukungannya. Erikson seorang Pakar Psikologi Perkembangan Anak mengingatkan, bahwa pembatasan dan kritik yang berlebihan akan menyebabkan tumbuh rasa ragu terhadap kemampuan dirinya.

Jadi berlatih dan belajar menjadi peneliti adalah tugas orang tua agar sukses mendidik anak-anaknya. Anda akan mempelajari tentang psikologi anak yang tidak ada habisnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayo-hayo di tulis Komentarnya bro or sist... silahkan kritik dan saran atau cendolnyaa :D

 
Copyright © 2011. Blog Smart . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates