Cari Artikel

Jumat, 09 Juli 2010

Memilih Tabung Gas yang Baik-Menghindar Dari Ledakan Tabung Gas LPG

Seperti Pada postingan sebelumnya Tips Cara Mengetahui Tabung Gas Bocor, dijelaskan bagaimana cara agar kita dapat mengetahui apakah tabung gas yang kita beli bocor atau tidak agar terhindar dari ledakan tabung gas LPG yang akhir-akhir ini marak terjadi di seluruh daerah di Indnesia. Setalah kemana-mana surfing dan membaca artikel-artikel, kali ini saya akan memberikan tips bagaimana memilih tabung gas yang baik tentunya agra terhindar dari ledakan Tabung gas LPG demi keselamatan kita. Mungkin tips dibawah ini bisa anda ikuti.



Tips memilih tabung gas LPG yang baik
  1. ada baiknya sebelum membeli kita teliti terhadap tabung gas LPG yang akan kita pilih, pilihlah tabung gas yang kondisinya baik. Yakni mutu pengelasannya baik dan mulus, tanpa penyok, tanpa karatan, goresan, cungkilan, dan tonjolan. Lalu perhatikan, apakah juga terdapat logo SNI alias Standar Nasional Indonesia. Pastikan juga segel plastik dalam keadaan baik. Jika segel plastik lepas, karet pengaman masih ada dan dalam keadaan elastis, tidak longgar, aus, atau robek.
  2. Untuk memastikan tabung yang dibeli asli dari Pertamina juga ada beberapa panduan. Pertama pada tabung tercantum kode-kode yang tergrafir dengan rapi dan jelas, bila tidak kemungkinan palsu. Kode tersebut meliputi nomor seri botol, kapasitas nominal, berat botol kosong, berat isi elpiji, tahun pembuatan, logo elpiji, dan tanda uji ulang tes pressure berupa bulan dan tahun.
  3. Untuk sekedar informasi,tabung elpiji yang dikeluarkan Pertamina dilengkapi safety valve yang secara otomatis akan terbuka pada tekanan 24.8 kilogram per sentimeter persegi. Ketiga tekanan uap elpiji cair dalam tabung sekitar 4-9 kilogram per sentimeter persegi. Keempat tekanan maksumum tabung tabung 180 hingga 130 kilogram per sentimeter persegi. Jadi tabung mempunyai kekuatan sembilan kali lipat dari tekanan elpiji sendiri.
  4. Sebelum menggunakan tabung gas tersebut, anda harus menempatkan tabung pada ventilasi terbaik. Pastikan regulator dalam kondisi baik dan terpasang erat pada katup tabung dan posisi knop regulator mengarah ke bawah. Pastikan juga selang dalam kondisi baik dan terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor, dan tidak tertekuk atau tertindih.
  5. Saat mengganti tabung gas yang lama, pastikan tidak ada sumber api (rokok, kompor) menyala karena dimungkinkan masih ada sisa gas.
  6. Yang terakhir, jika terjadi kebocoran. Maka segera matikan kompor lepas tabung gas dari regulator dan bawa tabung ke tempat terbuka dengan sirkulasi udara baik. Buka semua ventilasi udara selebar-lebarnya sampai bau khas LPG hilang. Dan jangan menghidupkan sumber api, peralatan listik, dan peralatan lainnya yang dapat menimbulkan percikan api atau listrik. Terakhir, periksa sumber kebocoran dengan mencelupkan tabung pada bak berisi air.

    Sekian tips yang bisa saya bagikan untuk anda semoga dengan tips-tips diatas kita bisa terhindar dari ledakan Tabung gas LPG dan bisa mengurangi tingkat kejadian di Indonesia. (dikutip dari berbagai sumber).


    Jika anda suka dengan tips ini sanda dapat berlangganan Tips atau artikel melalui email dengan memasukkan alamat email anda pada menu subscribe di pojok kanan atas.

    Semoga bermanfaat ^_^
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayo-hayo di tulis Komentarnya bro or sist... silahkan kritik dan saran atau cendolnyaa :D

 
Copyright © 2011. Blog Smart . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates