Cari Artikel

Kamis, 26 Mei 2011

KPMG Indonesia jadi auditor Bank Mega

JAKARTA:  PT Bank Mega Tbk menggunakan kantor akuntan pajak KPMG Indonesia sebagai auditor laporan keuangan, sedangkan PT Elnusa Tbk mengunakan Ernst & Young Indonesia sebagai auditor.
Nama kedua kantor audit pajak itu terungkap dari laporan keuangan perusahaan publik tersebut. Direktur Manajemen Risiko Bank Mega Suwartini membenarkan bahwa perseroan menggunakan KPMG dalam audit laporan keuangan.

Saat ditanya lebih jauh terkait dengan hasil audit KPMG Suwartini enggan berkomentar. “Kami pakai KPMG,” ujarnya dalam pesan singkat kepada Bisnis, malam ini.

Salah satu sumber Bisnis mengungkapkan dalam hasil audit KPMG tidak ditemukan kejanggalan pembobolan dana nasabah. Pasalnya, saat tutup buku belum muncul kasus pembobolan dana tersebut. “Masalah muncul setelah tutup buku,” katanya.

Bank Mega mengalami pembobolan dana dua nasabah, Elnusa dan Batubara, pada rentang 2009-2010 masing-masing sebesar Rp111 miliar dan Rp80 miliar. Namun, kedua kasus itu diketahui pada April 2011.

Bank Indonesia sebelumnya menyampaikan akan memasukkan daftar hitam kantor akuntan publik jika tak profesional dalam melakukan audit, menyusul pembobolan dana nasabah Bank Mega yang belum terdeteksi dalam pemeriksaan audit meskipun kasus itu terjadi pada tahun lalu.

Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah mengatakan bank sentral bertugas memastikan hasil pengawasan internal dan audit KAP telah berjalan dengan baik dan melakukan pengawasan secara langsung.

bisnis.com/finansial/perbankan/25108-kpmg-indonesia-jadi-auditor-bank-mega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hayo-hayo di tulis Komentarnya bro or sist... silahkan kritik dan saran atau cendolnyaa :D

 
Copyright © 2011. Blog Smart . All Rights Reserved
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates